-->

Cara Memperbaiki dan Reset Printer Epson L360, L365, L310, L220 Terbaru!!

Printer Epson Tipe L360 ialah salah satu jenis printer terbaik ketika ini. Dengan tidak sedikit kegunaan alias multifungsi membuatnya diburu tidak sedikit orang guna dijadikan printer mereka. Namun sering pula terjadi sejumlah kerusakan atau masalah pada Printer L360 ini.



Untuk itu, mesti diketahui teknik mengatasi printer Epson yang rusak, terutama pada seri L360. Berikut ialah masalah umum dan penyelesaian memperbaikinya :

1. Tinta Epson L360 Tidak keluar saat mencetak


Yang sangat sering terjadi ialah ketika tinta tidak terbit saat mengerjakan proses printing. Penyebabnya beragam, sejumlah diantaranya ialah Head printer sedang mampet. Hal ini dikarenakan pemakaian printer yang jarang, akibatnya mulut head justeru jadi kering, sampai-sampai akan menciptakan Lubang-Lubang Nozzle menyumbatnya.

Dan untuk menanggulangi Head yang mampet dapat dilakukan upaya pembersihan secara rutin. Kalian dapat melakukan pembelian Head Cleaner guna membersihkannya, guna harganya relatif murah, selama 50 ribu saja.

Namun andai sudah sering mengerjakan Head Cleaning tetapi tinta masih tidak inginkan keluar, maka jawabannya terdapat di cartridge/Ciss. Entah di dalam cartridge tidak terisi tinta atau malah banyak sekali udara di dalamnya. Untuk menanggulangi itu, lumayan buka cartridge kemudian masukan tinta dengan suntik bekas. Namun andai terdapat tidak sedikit udara, maka teknik mengatasinya ialah dengan menyedot udara didalamnya. Kalian dapat menggunakan suntik untuk menerbitkan udara itu.

Silahkan diperiksa kembali, andai masih gagal, berarti terdapat indikasi bahwa Head printer sudah rusak. Jadi andai sudah begini, maka jalan satu-satunya ialah dengan melakukan pembelian yang baru. Masalah yang mengakibatkan Head rusak ialah pemakaian Printer secara terus menerus tetapi tidak dibarengi dengan Head Cleaning yang menciptakan Head menjadi mampet. Sehingga tinta ketika pencetakan melulu dari cartridge saja bukan dari tabungnya.

2. Blinking Error


Blinking yang dimaksudkan adalah apabila ada peringatan di layar monitor komputer yang bertuliskan It's Time To Reset Ink Level atau yang kedua adalah Printer's Ink Pad Is At The End Of Its Service Live. Keduanya adalah yang paling lazim terjadi pada printer.

Sebelum dibicarakan mengenai penyelesaian dan teknik memperbaikinya, terdapat baiknya kalian memahami kedua jenis Blinking. Blinking kesatu atau General ialah yang terjadi disebabkan ada kehancuran pada komponen printer. Sedangkan yang kedua, Blinking Non General yakni Blinking yang tidak terdapat sebabnya namun justeru melakukan Blinking.

Setelah kalian ketahui, langsung saja ke tahap menanggulangi It's Time To Reset Ink Level pada printer epson L360. Caranya sangatlah mudah, kalian lumayan melakukan reset saja andai terjadi tantangan seperti ini. Namun butuh diketahui pun kalau terdapat dua jenis reset, yaitu secara manual maupun dengan pertolongan Software.

Sedangkan untuk mengatasi It's Time To Reset Ink Level atau It Is nearly time to reset the ink levels adalah secara manual, berikut adalah caranya :

- Hidupkan terlebih dahulu printernya, tunggu beberapa saat agar proses booting selesai.

- Tekan tombol yang blink, untuk masalah kali ini tekan yang bergambar Tinta atau Resume. Tekan selama 5 detik.

- Lepaskan tekanan pada tahap dua, namun tekan kembali tombol itu dalam 3 detik.

- Lepas lagi, dan tekan tombol Resume tadi secara cepat atau sekitar 1 detik.

- Tunggu printer melakukan proses reset sampai benar-benar selesai.

- Jika sudah, cobalah untuk melakukan Printing.

Kemudian cara mengatasi Printer's Ink Pad Is At The End Of Its Service Live adalah dengan menggunakan Software Resetting untuk me-resetnya. Caranya adalah :

- Download terlebih dahulu Software-nya, namanya adalah Adjprogcracked. Atau bisa melalaui Link download dibawah ini, Download Adjprogcracked dalam format .rar
Link Download Adjprogcracked DISINI
-Nyalakan printer yang telah tersambung dengan komputer. Lalu ekstrak file tadi dan install Adjprogcracked.exe, jika berhasil akan tampil halaman awal aplikasi.

- Pilih kotak bertuliskan 'Select'.



- Pada Model Name pilih seri printer kalian, untuk kasus ini pilih saja L360. Dan bagian Port pilih Auto Selection. Lalu tekan OK.


- Maka akan mucul menu awal, jika begitu pilihlah Particular Adjustment Mode.


- Cari lalu pilih Waste Ink Pad Counter, lalu klik OK.


- Centang Main Pad Counter, Tekan Check sampai proses Reading Now selesai. Tekan Intialization sampai proses reading now selesai. Jika ada peringatan When the OK Button is clickes, intialization is done, tekan saja OK.


- Kemudian Tekan Finish.

- Jika ada pemberitahuan bertuliskan Please turn off the printer, maka matikan dulu Printer kalian lalu hidupkan lagi.

- Tekan OK pada tulisan dibawah Please turn off the printer. Maka akan ada pemberitahuan lagi seperti The waste ink pad coutner has been intialized properly, Tekan OK saja.

- Maka proses reset dengan software telah berhasil, keluar saja dari Software tadi.

- Untuk memastikan cobalah untuk melakukan Printing.

3. Kertas yang ditarik oleh Printer lebih dari satu


Kendala yang biasa terjadi ketika proses mencetak ialah kertas yang ditarik malah terbit lebih dari satu. Hal ini seringkali terjadi andai Roller unsur bawah printer terjadi keruskan, entah tersebut sudah patah atau terdapat lilitan besi di roller tersebut. Bagi itulah andai terjadi tantangan seperti ini kalian mesti siap melakukan pembelian Roller yang baru.

Untuk mengatasinya, kalian harus membongkar Printer untuk selanjutnya dipasang Roller. Berikut adalah tutorialnya :

- Siapkan dulu Roller baru dan Obeng.

- Balikkan printer dulu, kemudian buka screw yang ada.

- Bukalah tempat penampungan tinta terlebih dahulu, memang caranya sedikit susah. Geser ke kanan dulu, lalu cobalah untuk menggoyang-goyangkannya lalu tarik keluar agar bisa terlepas.

- Cari per yang ada di dalam, ambil per itu secara berhati-hati, ingat jangan sampai kendor. Tarik saja perlahan ke atastapi jangan terlalu keras.

- Tarik keluar roller yang ada di dalam, memang sangat sukar dicabut, namun cabut saja sekuat tenaga sampai bisa dikeluarkan.

- Jika sudah ganti dengan yang baru, pasang saja Roller baru ke posisi yang sama dengan Roller lama.

- Pasang kembali bagian yang telah kalian bongkar, sesuai dengan urutan saat membongkarnya, jangan sampai salah.

- Cobalah untuk mencetak.

Diatas adalah beberapa masalah umum yang terjadi pada printer Epson L360 dan cara memeprbaikinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Memperbaiki dan Reset Printer Epson L360, L365, L310, L220 Terbaru!!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel