-->

Ini 5 Sistem Operasi yang Jarang Diketahui

PCplus Online
Os  Linux, adalah sistem operasi yang paling sering dan banyak digunakan. Karena hanya pengguna mungkin Anda tidak akan terlalu peduli pada berbagai OS yang digunakan pada komputer, laptop atau smartphone Anda. Padahal banyak sekali OS yang sebenarnya telah berjasa di kehidupan Anda, tapi Anda tidak pernah menyadarinya.


OS yang paling banyak diketahui adalah OS yang sering dibicarakan dan memang familiar. Sebelum ada OS tersebut sebenarnya telah muncul banyak OS yang mungkin kurang familiar hingga akhirnya banyak yang tidak tahu atau namanya mulai tenggelam karena mulai ditinggalkan.

Berikut ini akan dipaparkan beberapa OS yang jarang Anda ketahui, tapi sering muncul dalam kehidupan Anda. Os tersebut antara lain;

1. DOS
OS ini adalah sistem operasi yang diaplikasikan khususnya pada PC desktop. Dulu OS ini paling banyak tersedia di Indonesia karena banyak yang menggunakannya selain Linux. Namun, Os ini tidak memiliki tampilan grafis hanya berbasis teks dan menampilkan huruf tertentu sebagai command promp. Command tersebut berfungsi sebagai perintah untuk menjalankan aplikasi.

2. True Os
OS Linux mungkin yang lebih familiar ditelinga banyak orang karena OS ini lebih aman karena tidak adanya lisensi berharga mahal. Namun, selain  adanya OS Linux telah muncul True OS yang merupakan jelmaan PC-BSD suatu os yang terkenal dengan tingkat keamanannya yang tinggi.

OS ini dilengkapi dengan driver binary yang memungkinkan untuk menampilkan antar muka yang bernuansa 3D. Kelebihan OS ini adalah dapat menjalankan aplikasi Linux dan Windows.

3. OS/2
Os yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM ini keluar pada tahun 1980 an. Yang merupakan pengembangan dari PS/2. Pengembangan tersebut memunculkan sesuatu yang baru berupa tambahan fitur protected mode. OS/2 tidak lagi tampil dalam bentuk perintah berupa baris melainkan grafis. Bisa dikatakan OS ini adalah kebalikan dari DOS.

4. Lindows
Kemunculan OS ini disebabkan beberapa faktor. Salah satu faktor yang mendasari adalah karena sifat user friendly Windows tidak dapat diadaptasi oleh Linux. OS ini menciptakan sistem operasi yang berbasis Linux, tapi tetap bisa menjalankan berbagai aplikasi yang terdapat pada Windows. Karena dianggap merugikan Windows dengan cara kerjanya yang demikian kemudian OS ini berganti nama menjadi Linspire.

5. Be Os
Sistem operasi yang satu ini dirancang dengan berbagai keunggulan multimedia. Pada awal kemunculannya hanya dapat digunakan pada komputer yang berbasis Be Box dan IBM. Kemudian dikembangkan lebih jauh agar bisa memanfaatkan media digital dengan lebih optimal dan mampu memafaatkan kelebihan yang ada pada peranti keras saat ini.

Namun, pada akhirnya Be Os tidak dapat bersaing dengan Windows. Hingga pada tahun 2001 Be inc sebagai penggagas beralih pada peranti internet. Beberapa tahun kemudian muncul open source Haiku yang pada dasarnya adalah implementasi dari Be Os yang dikembangkan oleh penggemar Be Os.

OS linux mungkin paling banyak digunakan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Namun, kehadiran OS lain tersebut tentu tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Karena meskipun kehadirannya ada yang tidak bertahan lama, tapi telah memberikan sumbangsih untuk kemajuan OS dan memberikan warna yang menarik. Tanpa adanya kehadiran OS lain tersebut tidak mungkin ada OS canggih sekarang. Karena OS canggih yang Anda gunakan adalah perbaikan dan pengembangan dari OS terdahulu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini 5 Sistem Operasi yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel